Minggu, 18 Maret 2012

Lytro, Kamera Dengan Teknologi 'Light Fields'

Buat Anda yang bukan profesional dan hobi potret memotret terkadang mengalami kesulitan untuk mendapat hasil yang optimal bila hanya menggunakan kamera digital biasa. Meskipun menggunakan kamera DSLR yang serba otomatis, fokus sebuah objek terkadang sulit didapat. 

Namun kini tidak lagi sejak teknologi light fields sudah diterapkan pada kamera. Kamera yang sudah menggunakan teknologi tersebut menggunakan nama brand Lytro. Kamera dengan teknologi light fields memungkinkan Anda untuk mengatur fokus objek atau image yang diambil dilakukan setelah pengambilan gambar dan bukan sebelumnya. 

Light fields merupakan konsep fundamental dalam ilmu pencitraan yang merepresentasikan data fundamental yang lebih mumpuni dibanding pada foto biasa. Bila kamera konvensional tidak bisa merekam jumlah cahaya yang memancar ke segala arah melalui setiap titik dalam ruang, kamera Lytro tidak demikian.
Lensa kamera light field pada Lytro memiliki 8X optical zoom. Dengan bukaan lensa f/2, pembukaan lensanya konstan sepanjang rentang zoom sehingga memungkinkan untuk menangkap cahaya lebih banyak dan lebih sempurna. Light field engine 1.0 yang digunakan memungkinkan proses data sinar ray ditangkap dengan baik oleh sensor kamera ini dan mampu menangkap 11 juta cahaya ray. Hasilnya, setiap gambar yang dihasilkan seperti sudah terbagi-bagi atau obyek dalam gambar seperti sudah membentuk kelompoknya sendiri-sendiri. Dengan demikian, Anda dapat mengatur ulang obyek yang menjadi fokus, baik dari kamera, PC/laptop yang sudah diinstall software Lytro ataupun dengan bantuan tool online. 

Kamera ini memiliki desain sederhana dengan hanya dua tombol, tombol on/off dan tombol untuk memotret. Ketika hasil jepretan ditampilkan di kamera melalui layar sentuhnya, Anda bisa memilih obyek yang menjadi fokus dengan mudah. Semua obyek jauh maupun dekat dalam foto disajikan kabur (blur) dan Anda bisa memilih obyek yang ingin dijadikan fokus atau semuanya bisa diatur menjadi tajam. Kamera ini tersedia dengan kapasitas penyimpanan 16GB (750 gambar) dan 8GB (350 gambar). 
Spesifikasi:
 Price: $499, $399, $399; Color: Red Hot, Graphite, Electric Blue; Storage: 750 Pictures, 350 Pictures, 350 Pictures; Model 16GB Light Field Camera, 8GB Light Field Camera, 8GB Light Field Camera; Storage Type: Internal flash drive; Technology: Lytro Light Field Sensor and Lytro Light Field Engine 1.0. Lens: 8x optical zoom, Constant f/2 lens; Controls: Power button Shutter button, Zoom slider, Touchscreen; Display: 1.46 in | 33 mm back-lit LCD display with glass touchscreen; Exposure: Tap on touchscreen to set exposure; Battery: Long-life Li-Ion internal battery; File Output: Light field picture file (.lfp); Light Field Resolution: 11 Megarays, the number of light rays captured by the light field sensor; Software: Includes a free desktop application for importing, processing and interacting with living pictures from the camera. It is built for Mac OS and requires Mac OS X 10.6 or higher. A Windows application is in development; Picture Output: Produces HD-quality interactive, living pictures; Picture Storage: Free storage for living pictures on Lytro.com, subject to the Terms of Use. (Internet access required); Picture Viewing: View and interact with living pictures on the Lytro camera as well as any internet-connected computer, smartphone or tablet supported. Light Field Engine: Version 1.0. This is the software that processes light fields to produce interactive pictures. Keep watching this space! Shell: Ultra-light anodized aluminum structural skin; Grip: TPSiV-Injection Silicon Rubber. E-waste RoHS certified; Weight: 7.55 oz | 214 g; Dimensions: 1.61 in x 1.61 in x 4.41 in | 41 mm x 41 mm x 112 mm; Included: Lytro Light Field Camera; Lens cap; Cleaner Cloth; Wrist Strap; 3.28 ft | 1 m Micro-USB cable for data transfer and charging. Optional Accessories: Fast charger; Replacement lens cap. (Separate purchase required)

0 komentar:

Posting Komentar